Kamis, 12 Mei 2016

ANALISIS PENGARUH KEUNIKAN DESAIN KEMASAN PRODUK, KONDUSIVITAS STORE ENVIRONMENT, KUALITAS DISPLAY PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang)

ABSTRAKSI

Pengelolaan bisnis ritel tidak sekedar hanya membuka toko dan mempersiapkan barang-barang yang lengkap  tetapi lebih dari itu.  Pengelolaan bisnis ritel harus melihat dan mengikuti perkembangan teknologi agar dapat berhasil dan mempunyai keunggulan bersaing.  Keunggulan yang dimiliki pengusaha ritel ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggannya.  Semakin pesatnya perkembangan retail modern didasarkan pada keinginan Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.  Seseorang membeli barang atau jasa karena keinginan (wants) dan kebutuhan (needs).  Selain itu terdapat kebutuhan fungsional terkait dengan rutinitas seperti memenuhi kebutuhan keluarga, mencari harga murah, dan sebagainya.  Selain itu, orang  membutuhkan hal tersebut untuk  memuaskan emosionalnya. Pada saat ini dalam perilaku pelanggan telah terjadi pergeseran perilaku (perubahan perilaku).  Perilaku orang yang berbelanja dengan terencana menjadi tidak terencana.  Orang yang tidak terencana berfikir pendek dan mencari yang serba instan dan mencari produk yang bisa memberi keuntungan jangka pendek untuk menyelesaikan masalah yang ada di depan mata saja.
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh keunikan desain kemasan produk, kondusivitas store environment, kualitas display produk terhadap keputusan pembelian impulsif studi pasa Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang.  Sampel dalam penelitian ini yaitu pelanggan Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang dengan usia diatas 18 tahun yang diharapkan mereka faham atas pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner.  Jumlah responden sebanyak 120 responden.  Teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) AMOS 21.0.   Model penelitian yang diajukan dapat diterima dengan asumsi nilai dari standardized residual covariance tidak ada yang melebihi ± -2,58 atau ± 2,58.  Pengukuran  terhadap konstruk eksogen dan endogen di uji menggunakan analisis konfrimatori dan uji kelayakan full model dianalsis menggunakan SEM dimana nilai dari Goodness of Fit untuk Chi-square 104,652;  0,034;  RMSEA 0,051;  GFI 0,903;  AGFI 0,854;  TLI 0,977;  CFI 0,982;  NFI 0,931;  CMIN/DF 1,308.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model yang diajukan dapat diterima.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa keunikan desain kemasan produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap daya tarik emosional produk, keunikan desain kemasan produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif.  kondusivitas store environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik emosional, kondusivitas store environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif. kualitas display produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik emosional produk, kualitas display produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif.


Kata Kunci:  Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Daya Tarik Emosional Produk, Keputusan Pembelian Impulsif.



Notasi
Hipotesis
Kesimpulan
H1
Keunikan desain kemasan produk berpengaruh secara positif terhadap daya tarik emosional produk tetapi tidak signifikan.
Di tolak
H2
Keunikan desain kemasan produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian impulsif tetapi tidak signifikan
Di tolak
H3
Kondusivitas store environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik emosional produk
Di terima
H4
Kondusivitas store environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif
Di terima
H5
Kualitas display produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik emosional produk
Di terima
H6
Kualitas display produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian impulsif tetapi tidak signifikan
Di tolak
H7
Daya tarik emosional produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif
Di terima